Apa saja yang akan Anda dapatkan bagian 2

Teknorus.com – Pengaturannya menggunakan perhitungan tertentu seperti : [a.atk * 4 ­ b.def * 2] yang berarti serangan Actor A dikalikan 4, lalu dikurangi dengan pertahanan lawan yang sudah dikali 2. Punya rumus sendiri yang lebih fair ? Tidak lengkap rasanya, jika game RPG tidak menyertakan keberadaan Item, Weapon, dan Armor yang beranekaragam. RPG Maker tentu akan memuaskan Anda juga dari segi pemilihan maupun pembentukan ketiga benda penunjang ini.

Baca juga : WA WEB

Seperti halnya Actor, setiap Item, Weapon, maupun Armor memiliki penjelasannya sendiri­sendiri, termasuk efek yang beranekaragam. Bagi penggemar RPG, pasti tidak asing dengan istilah “potion”, “antidote”, “elixir”, bahkan “luck up” yang bisa membuat karakter Anda seberuntung Si Untung dalam kisah Donal Bebek. Keragaman yang sama kayanya juga bisa Anda temukan di Weapon dan Armor. Axe, Spear, Crossbow pada Weapon. Lalu Robe, Cloak, Chainmail, hingga benda legendaris seperti Dragon Armor yang bisa digunakan pada karakter Anda.

Benda­benda ini bisa Anda atur kekuatan, efek, serta harga jualnya. Siapa yang ingin memainkan game Anda tanpa adanya musuh? Bahkan cerita Super Hero pun seperti Spiderman dan Batman selalu punya musuh yang bisa mengimbangi. Musuh dalam game tentunya membawa tantangan tersendiri bagi siapa pun yang memainkannya. Kita dapat memunculkan musuh­musuh yang populer dalam game RPG seperti Slime, Bat, Jellyfish yang tidak terlalu kuat, hingga Ogre dan Demon King yang akan membuat Anda kesal setengah mati.

Seperti halnya Actor, kita dapat mengatur berbagai atribut dari Enemies seperti keterangan, kekuatan yang dimilikinya, hingga Item yang dijatuhkannya. Tidak hanya Actor saja yang dapat menyerang dalam pasukan, tetapi musuh kita juga dapat melakukannya. Anda dapat mengatur gerombolan musuh berdasarkan database Enemies yang sudah kita buat. Kita dapat memunculkan Bat juga Demon King secara berbarengan pada pertarungan terakhir misalnya.

Anda juga bisa mencoba pertarungan langsung dengan tombol “Battle Test” yang disediakan di bagian ini. Pada bagian lainnya, yang terkait dengan Map, kita dapat mengatur lokasi kemunculan musuh tertentu. Bisa saja, musuh tipe Bat hanya muncul di gua, ataupun Jellyfish di area sekitar pantai.

Selain keempat poin yang sudah disebutkan, masih banyak pengaturan, seperti Tileset yang dapat memperkaya tampilan game Anda, Event yang mengatur jalannya permainan, hingga merombak script code bagi Anda yang ingin membuat game ini lebih menarik lagi. Tidak terkecuali dengan Actor, jika Anda tertarik menggunakan Actor sendiri, Anda bisa memanfaatkan “Character Generator”. Namun jika belum puas juga, Anda bisa membuatnya sendiri ataupun menggunakan karakter buatan orang lain dalam komunitas RPG Maker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *