Bersepeda Secara Efisien

https://www.cantiknsehat.com/ – Jika Anda ingin melaju lebih cepat tanpa perlu banyak mengayuh sepeda, ini caranya. Teknik mengayuh tidak hanya sekadar mengayuh pedal sebanyak dan secepat mungkin. cara itu justru akan menghabiskan tenaga. Manfaatkan beberapa cara pintar untuk mendapatkan putaran roda cepat, dengan sedikit tenaga. satu hal yang kerap dilakukan adalah mengombinasikan gowesan dengan tarikan kayuhan dan memutarnya sehingga kayuhan membentuk gerakan parabolik sempurna.

Baca juga : cara menghilangkan pori pori bekas jerawat

Tujuannya adalah untuk menghilangkan “titik mati” dari kayuhan anda. apa itu titik mati? itu adalah sebuah titik momentum saat kaki anda harus memberikan tenaga lebih pada kayuhan untuk melaju. umumnya, titik mati terjadi ketika posisi pedal berada di arah jam 12 dan jam 6. cara sederhana lain adalah dengan menjejakkan kaki pada pedal secara halus namun bertenaga. semakin halus jejakan, kayuhan anda akan semakin efisien. secara spesifik, Todd Carver, ahli biomekanik di retül, Boulder, colorado, amerika serikat, memberikan beberapa teknik mengayuh sepeda yang efisien.

Menurutnya, dengan teknik ini, pesepeda dapat menghasilkan tenaga yang sama (diukur dalam satuan watt) dengan denyut jantung 5 bpm lebih rendah dari cara bersepeda konvensional. artinya, anda akan melaju lebih cepat, dengan usaha lebih sedikit. Berikut tekniknya. Atur posisi kaki para pesepeda sering menyebut kaki mereka sebagai “piston” karena kaki akan terlihat seperti piston yang bergerak ke atas dan ke bawah.

Baca juga : cara menghilangkan jerawat pasir di jidat

Agar gerakan itu mulus dan mengurangi beban tenaga, posisikan kedua lutut lurus mengarah ke depan. Jangan sampai posisi lutut anda mengarah ke luar atau ngangkang. usahakan pinggul anda tidak goyah. sebelum mulai, perhatikan posisi kaki anda saat mengayuh di stationary bike. pinggul, lutut, dan pergelangan kaki harus sejajar selama mengayuh.

Baca juga : cara memutihkan mata kuning

Angkat tumit untuk mendapatkan tenaga anda akan mengayuh dengan tenaga maksimal saat kaki anda berada di posisi jam 12. untuk mendapatkan kayuhan maksimal, maksimalkan tenaga anda di posisi tersebut dengan sedikit mengangkat tumit dan tumpukan kekuatan pijakan pada ujung telapak kaki. Manfaatkan bagian luar telapak kaki untuk membantu pedal ke atas. saat anda kayuhan anda mencapai bawah, bantu pedal naik ke atas dengan sedikit menekuk ujung luar telapak kaki anda ke bawah.

Bawa maju lutut Anda menuju palang sepeda. setiap orang kehilangan sedikit momentum dan tenaga saat melakukan upstroke. kondisi ini juga merupakan saat di mana posisi lutut anda dapat keluar ke samping. Minimalisir hal tersebut dengan terus melakukan active upstroke. saat kayuhan anda sudah mencapai atas, dorong lutut anda ke depan menuju palang frame sepeda. pastikan untuk menjaga tulang panggul tetap siap pada saddle selama kayuhan sehingga tidak ada energi yang terbuang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *