Kenapa Suhu Mesin Semakin Panas?

Menaikan rasio kompresi adalah cara paling mudah dalam memaksimalkan proses pembakaran. Dengan memaksimalkan proses pembakaran, akan banyak keuntungan yang bisa diperoleh. Antara lain torsi meningkat, hingga konsumsi bahan bakar yang irit. Rasio kompresi adalah perbandingan antara volume silinder dengan volume ruang bakar.

Misalnya volume silinder 200 cc sedangkan volume ruang bakar 20 cc, berarti rasio kompresi mesin adalah 200 : 20 atau 10 : 1. Selain rasio kompresi, mesin turbo juga memiliki kecenderungan untuk menghasilkan suhu mesin yang tinggi. Men gapa demikian? Karena, terdapat tekanan udara paksa dari turbo ke ruang bakar. Jadi selain hisapan natural dari pergerakan piston, akan terdapat suntikan udara tambahan dari turbo.

Meski rata-rata rasio kompresi mesin turbo sudah lebih rendah dari mesin naturally aspirated, karena padatnya volume udara yang dikompresi, akhirnya rasio kompresinya akan tinggi juga pada akhirnya. Dengan rasio kompresi tinggi, pembakaran akan semakin efsien karena gas bakar bisa terbakar seluruhnya dan di konversi menjadi tenaga. Selain memiliki kelebihan dalam menciptakan pembakaran yang sempurna, kompresi tinggi sangat berbanding lurus dengan suhu mesin. Artinya, semakin tinggi rasio kompresi, akan semakin tinggi pula suhu ruang bakarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *