Persiapan Terakhir Garuda Muda

Tim nasional Indonesia U-23 akan tetap menjalani pemusatan latihan nasional di Gianyar, Bali, hingga Jumat mendatang. Setelah latihan terakhir, mereka akan langsung terbang ke Jakarta untuk mempersiapkan laga perdana dalam Asian Games 2018. Skuad Garuda Muda akan melawan Taiwan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada Ahad mendatang. Sebelumnya, Evan Dimas dan kawan-kawan akan berlatih di Lapangan A Senayan, Jakarta Pusat, pada Sabtu nanti sebelum menghadapi laga pembuka. Adapun 20 nama pemain yang akan diboyong ke Asian Games 2018 telah dipastikan.

Namun daftar nama itu belum akan diumumkan hingga Jumat mendatang. “Langkah ini diambil untuk meminimal kan kemungkinan pemain cedera sebelum Asian Games,” kata asisten pelatih timnas Indonesia U-23, Bima Sakti, saat dihubungi kemarin. Menjelang laga yang kurang dari sepekan ini, skuad asuhan Luis Milla itu akan lebih banyak melakukan latihan internal di Gianyar.

Tak akan ada lagi laga uji coba melawan tim lain hingga hari-H pertandingan. Adapun dalam uji coba terakhir, timnas Indonesia U-23 telah menunjukkan kebolehannya dengan mengalahkan Bali United dengan hasil 2-1 pada 31 Juli lalu. Salah seorang pemain andalan Indonesia, Evan Dimas, ikut bertanding meskipun baru saja bergabung bersama para pemain tim nasional U-23 lainnya. Evan datang bersama Ilham Udin Armaiyn untuk bergabung dalam pemusatan latihan setelah mendapat izin dari klub mereka di Malaysia, Selangor FA, sehari sebelum laga uji coba tersebut.

Evan mengatakan cukup puas mendapat kesempatan bertanding bersama skuad tim nasional saat ini. “Saya berharap bisa bermain maksimal bersama tim.” Dalam laga tersebut, timnas U-23 menang melalui gol yang dicetak oleh Irfan Jaya dan Stefano Lilipaly. Sedangkan satu gol Bali United dicetak oleh Nyoman Sukarja.

Laga uji tanding juga menyiapkan babak khusus penalti. Namun, dalam adu penalti, tim nasional kalah dengan skor 4-5. Bima Sakti mengatakan Bali United merupakan lawan yang cukup tepat untuk menguji para punggawa asuhannya. “Mereka sudah memberikan perlawanan dan pelajaran bagi kami,” ujarnya. Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup A Asian Games 2018. Indonesia tergabung bersama Taiwan, Laos, Hong Kong, dan Palestina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *