Termine-8 Garda Terdepan Penjaga Kesehatan Ayam

Termine-8 Garda Terdepan Penjaga Kesehatan Ayam

penyakit yang menyerang ayam petelur dan pe daging bisa terjadi ka rena asupan pakan yang tercemar patogen, seperti bakteri Salmonella spp., Clostridium spp., E. coli, dan Strep to coccus spp.. Jika pakan tercemar Clos tri dium spp. misalnya, akan memicu ke hadiran penyakit necrotic enteritis yang menjadi masalah utama pada peternakan ayam.

bahkan, tidak menutup ke mung kinan virus Avian Influenza (ai) juga menyebar melalui pakan terkontaminasi. Proses Cemaran menurut rachel liem, pakan tercemar patogen melalui bahan baku yang terbawa dari proses budidaya atau selama proses pembuatan pakan. bahan baku pakan ini mendapat perhatian khusus karena tidak terlindung dari hama, seperti tikus, burung liar, dan cuaca selama penyimpanan. “level kontaminasi juga bisa meningkat selama proses transportasi dari pabrik ke lokasi ternak dan sampai feeder,” ungkap manager marketing asia pasifik anitox, produsen imbuhan pakan terkemuka itu.

silo atau gudang penyimpanan harus dibersihkan secara berkala agar patogen dalam pakan tidak terakumulasi dan mencemari bahan pakan lainnya. beralih ke kandang, sambungnya, cukup banyak berceceran kotoran ayam hingga tikus atau lalat berseliweran yang dapat mengontaminasi pakan. “lalat dan tikus adalah agen pembawa patogen yang umum ditemui di kandang,” kata rachel. setiap tahun anitox mengambil sampel bahan baku pakan untuk mengecek tingkat kontaminasi mikrobiologi.

hasil analisis menunjukkan, 10% sampel pakan yang tidak diberi perlakuan mengandung kontaminasi mikroba lebih dari 700 ribu cfu/g. “semua ini meningkatkan peluang penyakit enteritis di kawanan ayam,” tandasnya. Perlindungan Termin-8 untuk membunuh patogen dalam pakan, biasanya pabrik pakan menggunakan metode perlakuan panas meski cara ini tidak selalu efisien. anitox menawarkan perlindungan termin-8 guna mencegah kontaminasi patogen dalam pakan sejak diproduksi hingga dikonsumsi ternak.

“termin-8 bertindak sebagai barrier pertama yang menjamin pakan bebas dari dampak buruk patogen,” ucap rachel. termin-8 mampu membunuh patogen dan rekontaminasi patogen hingga 21 hari selama proses distribusi pakan. sebab, imbuhan pakan ini mengandung senyawa formaldehid, terpenes, asam propionat, dan surfaktan yang aktif mengontrol patogen sehingga dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan ayam. rachel memaparkan, “Formal dehid kunci utama untuk membunuh bakteri, virus, dan jamur dalam pa kan. surfaktan dan terpenes dapat meningkatkan permeabilitas dinding sel bakteri dan memfasilitasi penyerapan formaldehid sehingga meng akibatkan disfungsi protein bakteri.

”menggunakan pakan mengandung termin-8, peternak pun akan merasa nyaman dan memperoleh keuntungan lebih. pasalnya, dengan asupan pakan bebas patogen, kesehatan saluran cerna lebih terjaga dan mikroflora usus menjadi se imbang. “ini menyebab kan penye rapan nutrisi lebih baik, memperbaiki performa ayam, me ngurangi kematian, dan menjaga produktivitas ayam. dengan demikian, peternak dapat mengurangi pengg u n a a n a n t i b i o t i k dan ketergantungan t e r h a d a p agp,” ulas perempuan asal malaysia ini sembari menam bahkan, t e r m i n8 t o l e r a n panas. te r m i n8 t e r s e d i a dalam bentuk cair dan serbuk. aplikasinya bisa disemprotkan langsung pada bahan baku atau dicampur dalam proses pembuatan pa kan.

penambahan termin-8 pada pakan terkontaminasi patogen tingkat tinggi mampu memperbaiki produktivitas layer dengan mendapatkan 4 butir telur atau lebih dan jumlah bakteri pada permukaan telur juga berkurang secara signifikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *